6 Destinasi Wisata di Penang

5:15:00 PM



Penang merupakan salah satu destinasi wisata di Asia Tenggara yang memiliki berbagai tempat wisata menarik untuk dikunjungi, walaupun memang untuk sebagian orang, kota Penang lebih dikenal sebagai tempat untuk berobat. Kali ini, saya bersama dengan mama saya mengunjungi kota Penang dalam rangka menghabiskan waktu liburan akhir tahun di sana. Kami pun pergi selama 4 hari 3 malam, walau rasanya sangat kurang dan masih banyak tempat yang akhirnya belum sempat dikunjungi.


Kami pun sampai di Penang International Airport pada pukul 17.00 (GMT+8) waktu Malaysia setempat. Saat itu antrian imigrasi sangat panjang karena high season liburan. Dengan berbekal itenary yang sudah kami sempat cari saat di Jakarta, berikut 6 (enam) tempat di Penang yang wajib kamu kunjungi:

Pinang Peranakan Mansion



Masih ingat film Crazy Rich Asian? Nah, di Pinang Peranakan Mansion kamu bisa langsung mengenali tempat syuting dari film tersohor di Asia ini lho. Pinang Peranakan Mansion sendiri adalah sebuah bangunan megah yang mencerminkan masa pemukiman kaum Tiong Hoa di masa lampau. Dulunya, rumah ini adalah kediaman dari Chung Keng Kwee pada abad 19. Pinang Peranakan Mansion banyak berisikan lebih dari 1.000 barang antik dengan arsitektur China.



Pengunjung dikenakan RM 5-10 untuk masuk ke destinasi wisata ini lho. Jika kamu ingin mengenal sejarahnya, di sini tersedia 3 (tiga) guide yang akan memandu dan menceritakan tentang setiap sejarah dan isinya dalam bahasa yang berbeda yaitu Inggris, Mandarin dan Melayu.

Untuk sampai ke Pinang Peranakan Mansion, kamu bisa memesan grab atau jalan kaki dari lokasi Penang Street Art sejauh kurang lebih 2-3 km yang nantinya melewati Little India.

Penang Street Art


Siapa sih yang gak kenal destinasi wisata viral yang satu ini? Dinding mural di Penang ini memang sangat artsy untuk dijadikan background foto lho. Ada banyak jenis mural di Penang Street Art yang bisa dicari mulai dari anak kecil sepeda, anak kecil motor, soya susu, pemain basket, ayunan dan banyak lagi lainnya. FYI, mural di Penang Street Art tidak terletak dalam satu lokasi gang saja, namun tersebar ke beberapa penjuru gang ya. Nah, untuk itu kamu terlebih dahulu harus cari tau mural apa saja yang memang diinginkan ya.

Selain itu, karena sebenarnya mural tersebut berada di jalan gang yang ramai, jika foto ada baiknya untuk terlebih dahulu memperhatikan sekitar karena banyak kendaraan yang lalu lalang. So, mau foto pun kalian harus tetap memperhatikan keselamatan nomor satu ya. :)

Chew Jetty



Mencari pemandangan pinggir pantai? Chew Jetty bisa memuaskan mata kamu lho dengan birunya laut. Kalau boleh dibilang Chew Jetty hampir mirip dengan Muara Karang (tapi versi yang rapi dan bagus lho yaa). Kalian juga bisa belanja oleh oleh khas Penang di sini dengan harga yang relatif terjangkau (tapi, sebenernya karena kita turis asing ya dia tau juga sih). Di sini, saya cukup banyak belanja oleh-oleh mulai dari dompet, white coffee ala Penang, bakpia dan masih banyak lainnya.





Oiya, kalau kalian belum makan pas kesini, cocok banget nih! Karena di Chew Jetty ada big bowl noodle yang gede banget dan mungkin bisa disantap se-RT sih karena porsinya emang gede banget. Karena kemarin pas kesini udah makan, jadi saya pun udah ga cukup perutnya untuk nyobain itu. Big bowl noodle ini dihargai sekitar RM 20, jadi worth it banget untuk dicoba.

Wonderfood Museum


Ingin menyaksikan berbagai dummy makanan khas Malaysia? Kalau iya, kamu cocok banget nih datang ke Wonderfood Museum. Di sini, kamu dapat menyaksikan banyaknya kuliner jumbo ala Malaysia mulai dari es cendol, nasi rendang, sate, duren dan masih banyak lainnya. Selain hanya menunjukkan berbagai makanan, museum makanan ini juga mengajarkan kita beberapa nilai positif untuk lebih menghargai dan tidak menyisakan makanan.



Ketika pertama kali masuk, kamu akan disuguhkan dengan beberapa diorama dengan cerita apa yang terjadi jika di dunia makanan tidak berwarna, tidak memiliki berat, ataupun makanan yang rusak? Tidak hanya sekedar foto-foto, namun kamu juga dapat mengedukasi si buah hati ataupun malah diri sendiri untuk lebih menghargai makanan.


Kek Lok Si Temple



Destinasi wisata yang satu ini memang sangat terkenal dan harus dikunjungi ketika berpergian ke Penang. Kek Lok Si Temple memang berada agak jauh dari kota, namun kamu dapat naik taxi untuk menjangkaunya. Kek Lok Si terkenal dengan patung Dewi Kwan Im yang besar serta banyak patung Buddha lainnya dengan pemandangan di atas bukit yang asri dan sedikit panas.


Untuk sampai ke patung Dewi Kwan Im di atas bukit, kamu harus naik menggunakan tramp atau gondola dengan harga sekitar RM 5 untuk satu orang. Selain itu, kamu juga dapat menikmati pemandangan 12 patung shio di sekitar patung Dewi Kwan Im.

Wat Chayamangkalaram


Kuil dengan gaya arsitektur Thailand ini memiliki patung Reclining Buddha yang membentang 33 meter dan terletak dari kanan ke kiri ruangan sehingga menjadi daya dari tempat ini. Untuk menuju ke kuil ini, saya lebih menyarankan untuk datang siang karena pengambilan foto dan pemandangan yang bagus. Selain itu, ada juga beberapa patung Buddha lainnya di area depan, samping dan belakang. Namun, perlu diingat bahwa ada baiknya untuk menjaga perilaku kamu karena bagaimanapun ini termasuk tempat ibadah ya. :)

Itu dia beberapa tempat wajib yang harus didatangi ketika kamu berwisata ke Penang. Penang memang merupakan kota yang kecil sehingga sangat nyaman untuk berlibur dan tidak memakan biaya yang sangat banyak.

You Might Also Like

0 comments

Popular Posts

Share on Facebook

Subscribe